Selasa, 02 Oktober 2012

Penemu Emoticon




Hai sobat, kali ini saya akan sedikit berbagi info terutama yang baca ini :).
Sering menggunakan emoticon ketika sedang chatting di facebook atau di twitter?? nah pasti seringkan menggunakannya, apalagi ketika mengirim pesan (sms) ke seserang dengan menggunakan emticon berbagai ekspresi. 
Emoticon adalah sebuah ekspresi tekstual mewakili wajah penulis suasana hati atau ekspresi wajah. Dalam forum web , instant messenger dan game online , teks emoticon sering otomatis diganti dengan gambar yang sesuai kecil, yang kemudian disebut juga emoticon.

Awalnya …
Jauh sebelumnya, Harvey Ball telah menemukan Smiley. Itu loh, si gambar wajah berwarna kuning dengan berbagai ekspresi. Ada yang sedang marah, sedih, tersenyum, tertawa, takut, dan lain-lain. Wajah berwarna kuning itu adalah Smiley. Smiley diciptakan oleh Harvey pada 1963. Waktu itu, Harvey diminta oleh sebuah perusahaan asuransi untuk membuat gambar wajah yang akan digunakan untuk kartu dan kancing baju.
Tujuan penggunaan gambar wajah itu adalah untuk meningkatkan semangat karyawan perusahaan itu. Daaaaan….
Dalam 10  menit saja, Harvey berhasil membuat Smiley. Tak disangka, Smiley menjadi populer menjadi ikon internasional di tahun 70an. Hingga akhirnya pada tahun 1971, seorang jurnalis asal Perancis bernama Franklin Loufani mematenkan logo Smiley yang diberi nama “Smiley World”. Lisensi alias hak cipta logo tersebut lalu dijual ke Eropa. Logo tersebut sudah digunakan oleh lebih dari 100 negara dan 25 jenis produk barang dan jasa. Wow!
Harvey kemudian mendirikan perusahaan The World Smile Corporation. Ia mematenkan hasil karyanya pada tahun 1999. Keuntungan dari penjualan lisensi itu disumbangkan untuk membiayai yayasan amal World Smile Foundation.

Banyak orang saling mengklaim siapa penemu emoticon ini, tapi yang disebut-sebut sebagai penemu emoticon adalah Scott Fahlman. Dia orang pertama yang menggunakan emoticon ASCII, ":-)" dan ":-(".

Scott Elliott Fahlman, lahir di Medina, Ohio, US, 21 Maret 1948. Dia adalah Pakar Komputer di Carnegie Mellon University.

Sejarahnya dia mengirim pesan ke message board Carnegie Mellon University tanggal 19 September 1982. Dia mau kasih liat kalau dia sudah nemuin simbol untuk membedakan pesan bercanda dan serius. Tapi, tanggal 10 September 2002, pesan ini hilang. Tapi akhirnya ditemukan oleh Jeff Baird (waktunya tidak disebutkan kapan).

Berikut isi pesan tersebut :
Quote:
19-Sep-82 11:44 Scott E Fahlman :-)
From: Scott E Fahlman 

I propose that the following character sequence for joke markers:

:-)

Read it sideways. Actually, it is probably more economical to mark
things that are NOT jokes, given current trends. For this, use

:-(

Hahaa. Sampai akhirnya kini masih digunakan dan terus dikembangkan dengan gambar berformat "gif". Meskipun sepele, tapi bermanfaat.

nah itu dulu info yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat :) 




sumber:
http://tiaracalista.wordpress.com/2010/06/06/emoticons-ada-sejarahnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar