Rabu, 17 Oktober 2012

Jenis-jenis Protokol Jaringan

Hai Sobat. kali ini saya akan merivew  mengenai port komputer bisa berupa hadware maupun software. oke kita langsung saja ke pembahasan.

1.      Internet Protokol  (IP)
Intenet Protokol (IP) adalah protokol  yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh data paket switched internetwork menggunakan Internet Protokol Suite, juga disebut sebagai TCP/IP. IP adalah protokol utama di Internet layer Internet Protokol Suite dan mempunyai tugas memberikan protokol dibedakan datagrams (paket)_ dari sumber host ke host tujuan hanya berdasarkan alamat mereka.

2.   Transmission Control Protokol (TCP)
Transmission Control Protokol  (TCP) adalah suatu protokol yang berada di lapisan transport (baik itu dalam tujuh lapis model refrensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (conection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable).

3.   User Datagram Protokol (UDP)
User Datagram Protokol (UDP) adalah TCP yang connectionless. Hal ini berarti bahwa suatu paket yang dikirim melalui jaringan dan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi. Sehingga dalam perjalanan ke tujuan paket dapat hilang karena tidak ada koneksi langsung antara kedua host, jadi UDP sifatnya tidak realibel, tetapi UDP lebih cepat daripada TCP karena tidak membutuhkan koneksi langsung.

4.   Real Time Protokol (RTP)
Real Time Protokol (RTP) dirancang untuk menyediakan fungsi transport jaringan ujung ke ujung untuk aplikasi yang mengirimkan data real time, misalnya audio atau video, melalui layanan jringan multicast atau unicast.

5.   File Transfer Protokol (FTP).
File Transfer Protokol digunakan untuk melakukan upload dan download file, keamanan didasarkan kepada username dan password (kadang-kadang uatu anonymous login diperbolehkan)

6.   Hypertext Transfer Protokol (HTTP)
            HTTP digunakan untuk transfer halaman web, sebelumnya orang menggunakan protokol gopher. Tetapi Gopher hanya mendukung text, sehingga HTTP berkembang dan digunakan oleh orang banyak.

7.   SMTP
SMTP, simple Mail Transfer Protokol digunakan untuk megirim electronic mail (email).
  
8.   Post Office Protokol 3 (POP3)
POP digunakan untuk menerima dan membaca email dari suatu halaman web. Suatu daemon POP3 melakukan listening pada 110/TCP.

9.   Dynamic Host Configuration Protokol (DHCP)
Jika anda mendapatkan suatu Cable-connection dengan menggunakan DHCP akan mendapatkan IP dari ISP anda. Jadi, DHCP berfungsi untuk memberikan Internet Protokol (IP) secara otomatis.

10. Address Resolution Protokol (ARP) dan Reverse Address Resolution Protokol (RARP)
Jika anda ingin mengirim data ke suatu host dan anda memiliki MAC-address (Media Access Control, Ethernet-address) anda dapat melakukan query ke router  untuk mendapatkan IP-nya, hal ini ditangani oleh ARP, jika anda memiliki IP dari suatu host dan anda ingin mendapatkan MAC addressnya mka dapat menggunakan RARP (Reverse Address Resolution Protokol).

11.  WAP
Sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.
12.  Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

13.  Internet Control Message Protocol (ICMP)
Adalah salah satu protokol inti dari keluarga. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna.

14. IMAP (Internet Message Access Protocol)
   IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada.

15.  HTTPS

                Https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.


16.  SSH (Sucure Shell)
              SSH adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. SSH dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh mengirim file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain-lain. Protocol ini mempunyai kelebihan disbanding protocol yang sejenis seperti Telnet, FTP, Danrsh, karena SSH memiliki system Otentikasi,Otorisasi, dan ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini menjadi lebih terjamin.

17.  Telnet (Telecommunication network)
              Adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network.

18.  SSL (Secure Socket Layer)
             SSL (Secure Socket Layer) adalah arguably internet yang paling banyak digunakan untuk enkripsi.

19.  LDAP

              LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan.

20. MIME (Multipupos Internet Mail Extention)

       Protokol untuk mengirim file binary dalam bentuk teks. 
21.  ARP (Address Resolution Protocol)
            Protokol untuk mendapatkan informasi hardware dari nomer IP.

22.  APPLE TALK
Adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan khusus untuk jaringan yang terdiri atas komputer-komputer Apple Macintosh, yang mengizinkan para penggunanya untuk saling berbagi berkas dan printer agar dapat diakses oleh pengguna lainnya.

23.  SLIPP(Serial Line IP)
      Sebuah data link protocol untuk dial-up access ke jaringan TCP/IP.biasanya digunakan untuk mendapatkan akses internet.
24.  RARP (Reverse Address Resolution protocol)
Merupakan standart protocol yang bertugas mengkonversi hardware address menjadi protocol address.

25.  ATM
          ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket.

26.  Fiber Distributed Data Interface (FDDI) Adalah sebuah protocol jaringan yang menghbungkan antar dua atau lebih jaringan bahkan jarak yang jauh. 
27.      Gigabit Ethernet
                Standar Gigabit Ethernet adalah sebuah protokol yang memiliki kecepatan transmisi hingga 1 Gbps (1000 Mbps). Jenis jaringan ini dapat menggunakan jenis kabel serat optik dan tembaga.






sumber:
http://dehagoblog.blogspot.com/2011/11/protokol-jaringan.html
http://fullpaper.blogspot.com/2012/03/jenis-jenis-protocol-jaringan-icmp-arp.html
http://blogi-one.blogspot.com/2011/12/jenis-jenis-protokol.html
http://emil2104.wordpress.com/2011/08/02/jenis-jenis-protocol-dan-fungsinya-pada-jaringan-komputer/
http://emperorkidz.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-jenis-protokol-jaringan.html
http://raffi21.wordpress.com/2010/07/25/macam-macam-protokol-dalam-jaringan-yang-dikenal/
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.ehow.com/list_6465394_types-protocols-networking.html


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar