Jumat, 09 Maret 2012

Mikroarsitektur dan Diagram Processor

Nama  : Adang Suryana
NRP    : 113040234

Kelas   : C

Tugas Matakuliah Sistem Operasi
Dosen : Yoseph Ismail ST
Subjek Tugas :
“Tugas mengumpulkan informasi mengenai Mikroarsitektur dan Diagram Processor”.



Selalu melakukan lebih banyak dengan sedikit


Kemajuan dalam mikroarsitektur memfasilitasi penciptaan yang lebih kecil, lebih tinggi performa perangkat. Mereka juga kekuatan pendorong di belakang model bisnis Intel dan kesuksesan. Melalui komitmen untuk desain yang cerdas dan teknologi proses cerdas, Intel terus memimpin industri ke arah yang selalu lebih kecil transistor, sehingga lebih hemat energi, lebih tinggi performa core prosesor.

Apa mikroarsitektur?


Mikroarsitektur adalah cetak biru elemen chip. Cetak biru ini, bila dikombinasikan dengan nanoteknologi canggih, memungkinkan perangkat komputer untuk lebih mampu dan hemat energi. Tim mikroarsitektur Intel terus membuat lompatan raksasa dalam inovasi, dan baru-baru dialihkan ke lini terbaru dari mikroprosesor 32nm.


Mikroarsitektur prosesor di deskripsi sebagai rangkaian elektrik komponen penyusun mikroprosesor yang menggambarkan selengkapnya opersi dari sistem hardware mikroprosesor itu sendiri. Istilah mikroarsitektur sering di singkat dalam bahasa Inggris dengan tulisan uarch. Mikroarsitektur (arsitektur mikro) bersama aritektur set instruksi (Instruktion Set Architekture = ISA) merupakan dasar arsitektur komponen.

Setiap mikroprosesor pasti dibangun berdasar mikroarsitektur tertentu, baik mikroprosesor produk Intel maupun mikroprosesor AMD. Pada awalnya, semua perusahaan produsen prosesor selalu menggunakan mikroarsitektur milik Intel untuk membangun mikroprosesor produksinya. Namun, pada perkembangan berikutnya, masing-masing perusahaan membuat dan mengembangkan sendiri arsitektur mikroprosesornya. Misalnya perusahaan AMD, sejak merilis mkroprosesor buatannya sendiri, yaitu mikroprosesor keluarga K5, AMD menggunakan mikroarsitektur hasil desainnya sendiri. Tidaklagi adopsi secara penuh milik arsitektur dari perusahaan lain. Sampai April tahun 2008, AMD telah mengaplikasikan desain mikroarsitekturnya yang terus diperbaharui, mulai dari mikroarsitektur K5 hingga mikroarsitektur K10. 


Perusahaan Intel, sejak awal dikenal sebagai pelopor pembuatan mmikroprosesor golongan x86. Perusahaan ini terus-menerus mengembangkan mikroprosesornya. Berikut ini akan disajikan pembahasan mikroarsitektur tersebut, yang dimulai dari mikroarsitektur Intel P6 yang dugunakan untuk membangun mikroprosesor Intel Pentium Pro, Pentium II dan Pentium III, sampai mikroarsitektur terakhir yang digunakan pada tahun 2010. Mikroarsitektur terdahulu, sebelum Intel P6, sengaja tidak dibahas dalam artikel ini, karena sudah tidak digunakan lagi.

Mikroarsitektur Intel P6
Mikroarsitektur Netburst
Mikroarsitektur Intel P6 yang diperbaiki (penggunaan kembali Mikroarsitektur Intel P6)
Mikroarsitektur Intel Core
Mikroarsitektur Nehalem
Mikroarsitektur Westmere
    
Diagram processor
Berikut ini saya tampilkan visula dari diagram prosesor untuk memudahan dalam memahami.

Untuk tujuan ilustrasi Saya menawarkan Anda diagram blok Athlon serta Pentium III. Silakan lihat diagram untuk mengikuti penjelasan mudah.


Istilah:
AGU: Alamat Unit Generasi
Pilih kategori: Unit Pelaksana Integer
SSE: Streaming SIMD Extensions Intel Unit Pelaksana
BTB: Cabang Sasaran Buffer
BHB: Cabang Sejarah Buffer

Ini adalah gambar dari Pentium III, skala yang tidak sama seperti gambar Athlon yang sudah tidak di pakai,  Pentium III (Katmai) juga diproduksi dalam teknologi 0.25μ dan terdiri dari 9,5 juta transistor. 

 
Demikian pembahasan sekilas tentang mikroarsitektur dan diagram prosesor. semoga bermanfaat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar